Menu Close

Dekorasi Ruang Tamu untuk Rumah Kecil

dekorasi ruang tamu

Ruang tamu minimalis dengan ukuran terbatas masih bisa ditambahkan dekorasi, agar tata letak perabotan bisa ditata dengan rapi. Banyak hal yang perlu dipersiapkan saat dekorasi ruang tamu.

 

Tapi itu sebanding dengan hasilnya, ruang tamu akan jauh terasa lebih nyaman, sehingga bikin orang yang berkunjung jadi betah saat di dalam rumah.

Ide Dekorasi Ruang Tamu

Berikut ini beberapa ide inspiratif yang dapat digunakan untuk dekorasi ruang tamu pada rumah minimalis berukuran kecil.

1. Pakai warna cat tembok yang terang

dekorasi ruang tamu
kompas.com

Agar rumah minimalis terlihat lebih luas dan lega, gunakan kombinasi warna cat tembok yang terang seperti putih, krem, abu muda, dan warna netral yang terang lainnya.

Tidak hanya memberi kesan luas dan lega, kombinasi warna cerah pada ruangan memberikan kesan cerah, terang, nyaman, bersih dan lapang.

Agar tidak membosankan, kombinasikan warna cerah tersebut dengan warna yang berani agar aksen di dalam ruangan terlihat lebih hidup dan cantik.

2. Ukuran sofa disesuaikan dengan ukuran ruang tamu

Seringkali sofa menjadi masalah untuk ruang tamu karena dianggap terlalu banyak menyita ruangan. Sebenarnya, hal itu bisa diatasi dengan memilih bentuk dan warna yang tepat, sehingga ruang tamu terlihat proporsional.

Disarankan tidak memilih sofa berukuran besar karena bisa membuat ruang tamu semakin sempit. Pilihlah sofa berukuran minimalis dengan bentuk dan ukuran sederhana, karena ini adalah pilihan tepat untuk ruang tamu minimalis dengan ukuran yang terbatas.

3. Pilih perabotan yang multifungsi

Adanya perabotan multifungsi membuat tempat penyimpanan lebih banyak, sehingga hal ini menjadi solusi yang tepat untuk ruang tamu minimalis.

Pilihlah rak penyimpanan yang bisa digunakan sebagai pembatas ruangan, pilih yang desainnya simpel, sederhana dan minimalis, sehingga memberi kesan penuh tapi tetap fungsional dan fleksibel.

Contohnya, perabotan yang bisa dijadikan dudukan, dilengkapi dengan penyimpanan yang tertutup di bagian bawah tempat duduk. Selain jadi tempat duduk, perabotan ini bisa digunakan untuk menyimpan bermacam benda.

4. Manfaatkan fungsi dinding dengan maksimal

kompas.com

Jika dirasa ruang tamu minimalis sudah banyak dekorasi, tapi masih mau menambah dekorasi coba manfaatkan dinding di ruang tamu.

Pasang beberapa dekorasi sederhana seperti jam dinding, koleksi buku, pajangan, tanaman, kaca, gambar atau foto keluarga, dan tambahkan lampu sebagai pencahayaan di ruang tamu untuk dekorasi kecil.

5. Pakai jam dinding untuk dekorasi

Jam dinding digunakan sebagai penunjuk waktu, selain itu bisa digunakan sebagai dekorasi kecil di ruang tamu minimalis. Letakkan jam dinding di atas rek yang menempel di tembok bersama dengan beberapa koleksi pajangan berukuran kecil dan koleksi buku.

Disarankan untuk memilih jam dinding yang bentuknya sederhana, namun punya gaya modern minimalis lalu sesuaikan dengan budget dan tampilan ruang tamu.

Kelima ide dekorasi ruang tamu diatas semoga bisa memberikan inspirasi dan gambaran bagaimana cara dekorasi ruangan minimalis dengan tepat.

Untuk melihat ide dekorasi rumah lebih banyak lagi, silahkan berkunjung ke gripelements.com