Teknik Dasar Lompat Tinggi

Teknik Dasar Lompat Tinggi – Olahraga lompat tinggi, ini adalah salah satu dari cabang olahraga atletik yang sudah mendunia. Indonesia sendiri memiliki atlet khusus untuk mengikuti berbagai kompetisi, yang dilakukan dalam bidang lompat tinggi.

Termasuk bagi kamu yang memutuskan untuk menjadi seorang atlet ataupun olahragawan, dan tertarik untuk menekuni olahraga yang satu ini. Sebelum berusaha untuk mempelajarinya, ketahui dulu teknik dasar lompat tinggi yang wajib dipahami. Agar lebih memahami secara teori dan tentu saja tidak akan menimbulkan cedera di kemudian hari.

Olahraga Lompat Tinggi

Lompat tinggi merupakan salah satu jenis olahraga yang sesuai dengan namanya, yaitu lompat dengan ketinggian tertentu yang telah ditentukan. Standarnya kamu harus bisa melewati mistar, tanpa adanya bantuan alat dan menggunakan teknik tertentu. Untuk bisa meraih atau mendapatkan nilai yang cukup tinggi, ada beberapa jenis lompat yang biasa dilakukan.

Di Indonesia sendiri sebenarnya lompat tinggi ini hampir serupa dengan salah satu tradisi yang dilakukan di Nias, yaitu lompat batu di mana masyarakat yang telah memasuki usia remaja atau usia dewasa. Para pria harus melompati batu yang cukup tinggi, sebagai tanda bahwa sudah matang secara usia dan juga fisik. Nyatanya dalam dunia olahraga ada juga loh seperti ini.

Sarana Prasarana Lompat Tinggi

peralatan olahraga lompat tinggi

Karena sesuai dengan namanya, lompat tinggi ini memanfaatkan tiang yang dipasang melintang dengan tinggi tertentu. Para atlet harus melompat serta melewatinya. Bukan hanya proses ketika melompat nya saja, tetapi pendaratan yang dilakukan pun harus mulu, dan tubuh saat melompat melewati tiang tidak boleh menyentuh.

Karena jika tersentuh tiang maka akan gugur. Selain itu untuk tempat pendaratan nya kasur ataupun matras yang nantinya akan menopang atlet setelah lompat. Sehingga tidak akan menimbulkan cedera ataupun hal-hal berbahaya lainnya.

Teknik Dasar Lompat Tinggi

Teknik Dasar Lompat Tinggi yang Penting

Ada beberapa teknik dasar yang wajib diketahui sebelum memutuskan untuk melakukan olahraga lompat tinggi.

1.Teknik Awalan

Teknik pertama yaitu mengenai teknik awalan disebut sebagai teknik awalan. Karena menjadi kunci keberhasilan atlet untuk bisa mendapatkan momen yang tepat. Sehingga tolakan menjadi tepat dan sesuai. Teknik ini membuat para atlet untuk bisa berlari terlebih dahulu, agar bisa mendapatkan momentum yang cukup baik untuk melakukan tolakan.

Namun kecepatan larinya tidak sekencang awalan lompat jauh. Biasanya setiap gaya lompat tinggi memiliki sudut awalan yang berbeda, hal ini memiliki tujuan untuk membantu atlet dalam memaksimalkan tolakan. Sehingga bisa melompat secara tinggi dan disesuaikan dengan standar ataupun ketinggian tiang yang digunakan.

2.Teknik Tolakan

Teknik kedua yang wajib dipahami adalah teknik tumpuan ataupun tolakan. Teknik ini menjadi sangat penting karena sebagai salah satu momen ataupun titik yang tepat seorang atlet, bisa melompat tinggi bukan hanya mengandalkan tempat yang tepat.

Namun langkah dan juga lari diperhitungkan, sehingga biasanya para atlet mencoba untuk mencari titik ternyaman. Di mana mereka bisa melengkapi melompat dengan ketinggian yang berbeda-beda.

Selain itu ketika memutuskan untuk menjadi atlet lompat tinggi, kamu juga harus mengasah kekuatan kaki yang dilakukan dengan berbagai jenis olahraga. Hal ini dikarenakan ketika melakukan tolakan kamu akan mengandalkan kaki untuk bisa melompat setinggi-tingginya.

Jika menggunakan kaki yang lemah, tidak jarang akan terjadi cedera atau bahkan adanya pembengkakan pada sendi dan juga otot. Jika sudah seperti itu, maka kamu sudah gagal dalam mengikuti lomba ataupun olahraga lompat tinggi.

3.Teknik Melayang

Selanjutnya teknik yang paling menyenangkan untuk dilihat, namun sangat sulit untuk dilakukan adalah teknik melayang. Teknik ini dilakukan dengan cara gerakan melayang di udara setelah melakukan tolakan.

Dengan tujuan agar bisa melewati mistar, tanpa harus menyentuh apalagi menghancurkannya. Setiap gaya pada lompatan tinggi sebenarnya memiliki teknik tersendiri.
Selama tujuannya dapat melewati mistar tanpa menyentuhnya, maka teknik tersebut tetap bisa dilakukan.

Bagi para wanita biasanya mengandalkan lompatan tinggi, kemudian membiarkan kaki melewati mistar terlebih dahulu. Sedangkan bagi para pria umumnya menggunakan bagian dada untuk memutarkan badan di udara, serta bisa melewati mistar tanpa menyentuhnya.

4.Teknik Mendarat

Terakhir ada teknik pendaratan ataupun mendarat salah satu teknik ini menjadi salah satu teknik yang penting, dan menambah poin dalam kompetisi olahraga lompat tinggi. Sehingga kamu bisa mendapatkan nilai sempurna.

Teknik ini bisa dikatakan berhasil, apabila kamu berhasil melewati mistar kemudian melakukan pendaratan tanpa adanya jatuh, ataupun kondisi sulit untuk mengontrol tubuh lebih baik jika kamu bisa mendarat dengan menggunakan kedua kaki. Dengan begitu poin yang didapatkan tetap bagus. Latihan pendaratan ini bukan hal yang mudah lho, bahkan menggunakan banyak waktu hingga bertahun-tahun untuk bisa mendarat dengan baik.

Baca Juga: Teknik Dasar Bermain Softball

Peraturan Lompat Tinggi

Selain beberapa informasi di atas, dalam olahraga lompat tinggi ada beberapa peraturan yang wajib dipahami pertama dalam ajang kompetisi ini.

  1. Atlet akan bertanding untuk bisa melewati mistar dan mencapai batas tertinggi, yang telah ditentukan oleh panitia.
  2. Lalu tiap atlet yang ikut di dalam kompetisi akan memiliki tiga kesempatan untuk lewati mistar. Apabila gagal maka ahli tersebut akan dinyatakan gugur.
  3. Selain itu peserta wajib mengenakan seragam dan atribut yang sesuai dengan standar atau aturan yang berlaku.
  4. Ketika melewati mistar peserta tidak boleh menjatuhkannya atau bahkan menyentuhnya.
  5. Teknik tumpuan atau tolakan hanya bisa dilakukan dengan satu kaki dan tidak boleh dilakukan dengan kedua kakinya, karena berbahaya.

Peraturan dan teknik dasar lompat tinggi pasti ini hampir serupa di semua tempat termasuk ke Indonesia

About the author: Fian Lux

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *