Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Teknik Dasar Permainan Bola Basket – Olahraga bola basket merupakan salah satu jenis olahraga yang cukup populer di Indonesia. Bukan hanya sistem permainan yang seru, namun bola basket juga biasanya melahirkan para atlet keren dan bertalenta. Bagi kamu yang memutuskan untuk terjun sebagai atlet, dan ingin bergabung menjadi seorang pemain bola basket. Perhatikan terlebih dahulu mengenai teori teknik dasar permainan bola basket.

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

bermain bola basket

Sebelum memutuskan untuk terjun langsung ke lapangan. Biasanya dalam sistem olahraga, kamu harus memahami dulu mengenai teori ataupun teknik dasar dalam melakukan permainan tersebut. Sehingga nantinya tidak akan ada kesalahan.

Terutama yang bersifat teknis seperti peraturan ataupun cara bermain yang dilakukan masing-masing negara. Karena biasanya ada sedikit perbedaan. Begitupun dengan mempelajari teknik dasarnya. Kita akan membahas secara lengkap dalam artikel berikut ini.

1. Lay Up

Teknik pertama yang sering kali dibicarakan dan wajib dipelajari adalah lay-up. Teknik yang satu ini merupakan gerakan yang dilakukan, mulai dari melangkah dua kali dan juga memasukkan bola ke ring lawan. Nyatanya masih banyak yang salah paham loh, karena menganggap lay-up sebagai salah satu gerakan.

Padahal lay-up merupakan rangkaian gerakan yang tidak boleh dipisahkan. Apabila kamu memisahkan antara langkah dan juga proses memasukkan bola. Maka kamu akan terkena pelanggaran atau sanksi sikap tersebut. Lay-up dilakukan di sebelah kanan ataupun sisi ring milik lawan.

Sehingga gerakannya terlihat seperti berlari kemudian melayang dan juga menembakkan bola yang dimiliki ke ring lawan. Hal ini mungkin terlihat mudah, namun ternyata masih banyak. Para pemain yang melakukan kesalahan lay-up, karena memotong ataupun memisahkan kedua gerakan ini.

2. Over Head Pass

Teknik Dasar Permainan Bola Basket

Overhead pass merupakan salah satu cara untuk mengoper ataupun memindahkan bola, dari kamu yang memegang bola ke teman satu tim. Teknik ini dilakukan dengan cara memposisikan tangan berada di atas kepala, dan juga mengoper bola. Operan ini umumnya sering digunakan oleh pemain dengan postur tubuh yang tinggi. Sehingga menyulitkan lawan untuk bisa mengambil bola ataupun menggapainya.

Cara melakukan teknik overhead pass ini, dilakukan dengan cara memegang bola dengan kedua tangan dan berada di atas belakang kepal, serta kedua siku ditekuk. Setelah itu ayunkan bola ke depan dibantu dengan lecutan pergelangan tangan agar lebih bertenaga. Usahakan ketika melakukan teknik ini jangan terlalu kaku karena nantinya akan menutupi permukaan bola. Sehingga ketika ada lawan tidak akan terlihat.

3. Teknik Dribbling

Teknik dasar selanjutnya yang wajib dipahami yaitu menggiring bola atau dribbling. Teknik ini merupakan dasar dari permainan bola basket, sehingga jika seorang pemain tidak melakukan dribbling mereka akan dikenai oleh sanksi ataupun pelanggaran. Aturan dribbling atau menggiring bola ini menjadi salah satu teknik wajib, yang dipahami serta dikuasai oleh para atlet.

Mungkin terlihat muda tapi sebenarnya sulit. Dribbling yaitu menggiring bola dengan menghindari lawan dan tetap memantulkan bola ke bawah. Dribbling boleh digunakan dengan satu tangan ataupun dengan bergantian.

Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk mengaplikasikan teknik ini, mulai dari dribbling rendah yaitu posisi di bawah lutut, dan juga dribbling tinggi yaitu posisi di atas lutut.

Baca Juga: Teknik Dasar Bermain Softball

4. Teknik Pivot

Selanjutnya teknik lain yang harus diperhatikan adalah pivot atau berputar. Sesuai dengan namanya, pivot memiliki gerakan yang bertujuan untuk membantu menyelamatkan bola dari lawan. Namun dengan cara berputar gerakan ini membuat pemain yang memegang bola, harus bergerak memutar memakai satu kaki dan kaki lainnya.

Tujuannya untuk menghindari adanya gerakan lawan yang mencoba mengambil ataupun merebut bola. Gerakan pivot ini juga biasanya dibarengi dengan tiga gerakan selanjutnya. Seperti passing, dribbling,, dan shooting. Sehingga pivot ini masuk ke dalam rangkaian gerakan yang bisa dilakukan oleh atlet bola basket.

5. Teknik Shooting

Teknik shooting menjadi salah satu teknik yang sering kali di sepelekan banyak orang. Shooting merupakan cara yang dilakukan pemain untuk menembakkan bola ke dalam ring basket, dan bertujuan untuk menghasilkan poin. Teknik menembak ini masuk ke dalam teknik dasar yang sama dengan dribbling.

Poin tersebut menjadi tujuan utama dan juga akhir dari pertandingan. Siapa tim yang memiliki poin terbesar, maka mereka yang akan menang. Setiap pemain sebenarnya bisa melakukan tembakan ke dalam ring. Namun tetap harus menjaga agar frekuensi tembakan yang dihasilkan menjadi baik dan tidak terlalu menumpuk pada satu area saja. Latihan yang dibutuhkan untuk bisa shooting dengan tepat.

6. Cutting

Teknik terakhir merupakan salah satu teknik yang diajarkan kepada semua pemain bola basket, terutama mereka yang memiliki tugas untuk merebut bola. Cutting atau memotong merupakan gerakan lari, tanpa membawa bola dengan cara memotong dengan tujuan untuk membebaskan diri dari kurungan lawan.

Gerakan lari ini juga bisa dilakukan untuk mendapatkan operan bola dari teman yang berada dalam satu tim. Untuk gerakan cutting ini mungkin terlihat mudah, namun karena tujuannya untuk menipu ataupun mengelabui lawan.

Maka teknik ini sering kali gagal, bagi mereka yang tidak terbiasa atau bahkan tidak mempelajarinya. Dibutuhkan kelincahan gerakan kaki untuk bisa memperdaya lawan, dan juga strategi untuk menghadapi lawan. Mengingat musuh yang ditemui di lapangan tentu saja berbeda-beda.

Itulah deretan teknik dasar permainan bola basket yang wajib kamu ketahui, sebelum memutuskan untuk terjun berlatih dan menjadi atlet bola basket. Memang tidak mudah, karena menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk bisa mengasah kemampuan dan juga insting dalam permainan bola basket .tetapi bukan hal yang tidak mungkin kamu bisa berhasil untuk menekuni bidang olahraga ini. Terutama jika sudah menjadi hobi atau passion.

About the author: Fian Lux

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *