Teknik Dasar Senam Lantai

Teknik Dasar Senam Lantai – Ada banyak orang yang tertarik untuk melakukan olahraga senam lantai. Selain mudah, biasanya olahraga senam lantai ini dapat dilakukan dengan gerakan yang ringan. Bagi kamu yang tertarik untuk melakukan senam lantai, olahraga ini dapat memberikan efek luar biasa.

Hal ini dikarenakan gerakan yang dinamis dan juga memanfaatkan berbagai teknik yang berbeda dengan olahraga lainnya. Selain itu, tidak membutuhkan peralatan penunjang yang terlalu berlebihan.

Berikut ini ada informasi mengenai teknik dasar senam lantai dan manfaatnya. Jika kamu secara rutin melakukan olahraga senam lantai. simak berikut ini.

Pengertian Senam Lantai dan Manfaatnya

Teknik Dasar Senam Lantai

Senam lantai merupakan salah satu jenis olahraga yang memang tidak menggunakan sarana ataupun alat yang terlalu banyak tetapi bisa dikatakan memiliki gerakan yang sangat kompleks. Karena seluruh otot dalam tubuh, berperan penting untuk melakukan gerakan senam lantai dengan baik.

Pada masa kini olahraga senam ini seringkali menjadi pilihan yang digemari oleh masyarakat Indonesia. Terutama para ibu-ibu dan bapak-bapak yang sudah berusia lanjut. Senam lantai memiliki gerakan yang dinamis mulai dari mengguling, melompat, meloncat, berputar di udara, menumpu dengan tangan dan sejenisnya.

Tetapi ada juga beberapa gerakan sederhana untuk kategori dewasa dan usia lanjut. Sehingga tidak menyebabkan adanya cedera apa saja sih manfaat dari senam lantai.

1. Meningkatkan Kesehatan Otak

Manfaat pertama tentu saja dapat membantu meningkatkan kesehatan otak .menurut beberapa penelitian ternyata gerakan senam lantai bisa memicu kesehatan otak seseorang. Terutama anak-anak menjadi lebih pintar loh.

Senam lantai ini juga mengasah kesehatan kognitif sehingga dapat memperluas daya ingat, perhatian serta penalaran. Alasan inilah yang seringkali menjadikan para instruktur kesehatan, mengajarkan gerakan senam lantai sederhana, kepada para orangtua dan juga lansia.

2. Mengurangi Berat Badan

Sudah bukan rahasia lagi bahwa manfaat senam lantai lainnya, yaitu dapat membantu mengurangi adanya masalah berat badan tubuh ataupun obesitas. Karena gerakan yang dinamis dan membantu meregangkan seluruh tubuh, mulai dari otot dan juga membuka peredaran darah.

Menjadikan olahraga senam lantai sebagai salah satu pilihan yang tepat. Bagi kamu yang sedang melakukan program diet, bukan hanya membakar lemak. Namun olahraga ini sangat cepat untuk membantu menurunkan berat badan secara dinamis loh.

3. Meningkatkan Kualitas Tidur

Olahraga senam lantai seringkali digunakan untuk membantu meningkatkan kualitas tidur. Terutama bagi kamu yang sering kali kelelahan ataupun insomnia, akibat pekerjaan yang cukup padat dan juga kegiatan yang penuh.

Senam lantai ini membantu meregangkan otot dan juga melancarkan peredaran darah. Sehingga kamu dapat menikmati pola tidur yang lebih sehat, terutama bagi wanita hamil ataupun ibu menyusui. Senam juga bisa membantu mempromosikan respons psiko-emosional. Sehingga mengurangi adanya tekanan atau stres perubahan suasana hati dan sejenisnya.

Baca Juga: Teknik Dasar Lompat Tinggi Untuk Pemula

Teknik Dasar Senam Lantai

Setelah membahas mengenai manfaat yang juga senam lantai yang bisa dilakukan secara sederhana. Selanjutnya kita akan memasuki mengenai teknik dasar senam lantai untuk atlet ataupun olahragawan professional. Bagi kamu yang ingin mengaplikasikan olahraga senam lantai dengan gerakan atau teknik yang benar. Berikut ini ada beberapa teknik dasarnya.

1. Forward Roll

Teknik pertama yang sudah tidak asing lagi adalah roll depan atau biasa disebut sebagai forward roll. Biasanya teknik ini diajarkan pada anak-anak di sekolah menengah pertama dan juga sekolah menengah atas. Mereka diberikan pembelajaran mengenai bagaimana caranya melakukan olahraga dengan cara berguling.

Mulai dari jongkok kemudian berguling, hingga mendarat ke posisi yang sama seperti awal gerakan ini tidak mudah. Terutama bagi para wanita karena beban wanita berada pada bagian bokong. Sehingga sangat sulit untuk bisa melakukan roll depan tanpa berguling ke sisi lain.

2.Back Roll

Teknik lainnya yang harus dikuasai sebagai salah satu teknik dasar olahraga senam lantai yaitu teknik berguling ke belakang atau biasa disebut sebagai back roll. Serupa dengan guling depan posisi yang dilakukan pada senam lantai ini bermula dari berdiri.

Kemudian duduk dan akhirnya membalikkan tubuh ke bagian belakang. Setelah itu mendarat seperti posisi jongkok. Hal ini dilakukan bagi mereka yang melakukan kompetisi ataupun pertandingan senam lantai. Karena guling depan dan guling belakang menjadi dasar, yang tidak boleh tidak dikuasai oleh pesenam.

3. Teknik Lilin

Teknik lilin merupakan salah satu teknik yang mungkin sudah tidak asing lagi. Terutama kamu yang pernah mencobanya di bangku SD. Teknik ini sebenarnya dapat membantu meregangkan tubuh dan seringkali muncul pada gerakan olahraga yoga.

Teknik ini dilakukan dengan cara tidur dan menghadap ke langit-langit, kemudian kaki dirapatkan dan juga diangkat ke atas selain itu angkat pinggul dan gunakan kedua tangan untuk menopang pinggang.

Lakukan dalam waktu beberapa detik kemudian pertahankan. Sikap ini setelah itu berganti ke posisi senam lantai lainnya mungkin terlihat mudah. Tetapi bagi kamu yang memiliki berat badan lebih dari ideal, atau jarang berolahraga, melakukan teknik lilin ini bukan sesuatu yang bisa dianggap sepele.

4. Teknik Kayang

Terakhir teknik yang dapat dilakukan bagi kamu yang memutuskan untuk menguasai teknik dasar senam lantai yaitu kayang. Salah satu teknik yang paling sulit dilakukan karena membutuhkan peregangan otot yang sangat baik ini, sering kali menjadi musuh bagi mereka yang ingin belajar dasar senam lantai. Kayang merupakan teknik yang dilakukan dengan cara meregangkan tubuh dan membalikkan tubuh ke arah belakang.

Namun teknik ini dilakukan dengan cara mengangkat badan yang tidak boleh menyentuh lantai. Sehingga posisi yang dilihat hanya bagian kaki dan telapak tangan saja, yang menjadi tumpuan. Tentu saja hal ini tidak mudah, karena selain membutuhkan peregangan otot dan cukup sering cidera.

About the author: Fian Lux

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *