Teknik Dasar Softball Yang Wajib Dikuasai

Teknik Dasar Softball – Softball merupakan salah satu olahraga yang mungkin masih asing di Indonesia. tetapi dalam berbagai kompetisi yang dilakukan di dunia, softball merupakan permainan yang banyak ditunggu-tunggu. termasuk bagi kamu yang mungkin tertarik untuk mencoba menjadi seorang atlet softball, dan menekuni olahraga ini. kita bahas mengenai teknik dasar softball yang wajib dikuasai, sebelum memutuskan untuk menjadi seorang atlet apalagi terjun dan bermain.

Sejarah Olahraga Softball

Softball merupakan salah satu olahraga yang dilakukan dengan cara beregu, yang terdiri dari 2 tim dan mencetak poin setinggi mungkin dengan cara menggunakan alat pemukul bola dan juga bola berukuran sedang. Olahraga ini berasal dari Amerika Serikat, sehingga tidak terlalu dikenali di Indonesia.

Di awal abad ke-20 softball banyak dimainkan di luar ruangan. Sehingga di Amerika serikat sendiri cukup banyak lapangan yang dibuat untuk permainan softball dan hampir serupa dengan lapangan bola. Sehingga ada lapangan di tengah disertai dengan ring, untuk menjaga bola keluar dari arena dan juga tempat duduk di sekitar stadion.

Teknik Dasar Softball

Teknik Dasar Softball

Ada berapa teknik dasar yang harus dipahami sebelum memutuskan untuk bermain olahraga yang cukup unik ini.

1. Teknik Memegang Bola

Teknik pertama yang wajib dikuasai oleh seorang pemain softball yaitu teknik dasar dalam memegang bola. hal ini mungkin terlihat sepele namun bola sofbol sendiri sangat keras dan wajib bisa memegangnya dengan benar. agar kita bisa menangkap dan melempar dengan tepat, serta tidak menimbulkan cedera.

Tekniknya terbagi menjadi 2, yaitu menggunakan 4 jari atau 3 jari. teknik memegang bola 4 jari ini sebenarnya melibatkan ke empat jari untuk memegang secara keseluruhan, dan bagian kelingking secara terpisah. namun ada juga yang menggunakan teknik 3 jari yaitu menangkap bola bagian atas dengan cengkraman 3 jari. sisanya bagian jari kelingking dan jari manis untuk menjaga atau menangkap bola bagian bawah.

2. Teknik Memegang Tongkat/Bat

Selanjutnya teknik yang dipahami adalah teknik dalam memegang tongkat pemukul atau biasa disebut sebagai bat. Dalam memukul kamu tidak bisa menggunakan cengkraman yang lemah. Karena nantinya bola tersebut akan tertabrak dengan bola yang tekanannya tinggi dari pelempar. Sehingga kamu harus memegang bet dengan cukup baik.

Ada 3 cara yang bisa dilakukan, pertama memegang di bagian bawah, dekat ujung bet kemudian di bagian tengah, ataupun di bagian atas. Ketiga teknik ini sebenarnya kembali pada kemampuan ataupun kesukaan masing-masing pemain. Sehingga tidak ada aturan pasti ataupun sanksi yang diberikan jika tidak sesuai.

Selain itu cengkraman masing-masing orang berbeda terkadang jika telapak seseorang memiliki ukuran yang lebih kecil. Pasti mereka akan lebih cenderung memegang bat pada bagian bawah karena ukuran stick yang kecil dibandingkan dengan bagian atas.

3. Teknik Memukul Bola

Teknik lainnya yang dapat digunakan ketika kamu memutuskan untuk bermain softball yaitu memahami penggunaan teknik dasar memukul bola. Pukulan ini harus dilakukan bukan, hanya tepat pada bola saja tetapi kamu juga tidak boleh memukul secara sembarangan.

Pertama sikap awal sangat penting yaitu berdiri dengan menjarakkan kaki. Sehingga kaki kiri di bagian depan dan kaki kanan di bagian belakang arah harus lurus mengarah ke pitcher ataupun pelempar bola. Setelah itu kamu bisa memukul bola, yang telah dilemparkan oleh tim rekan setim. Setelah itu kamu bisa melakukan tumbukan ataupun memukul bola sesaat atau langsung.

4. Teknik Menangkap Bola

Teknik harus dipahami ketika bermain softball yaitu teknik dalam menangkap bola. Hal ini menjadi dasar yang harus dilakukan oleh semua orang yang bergabung dan ingin bermain softball. Karena menangkap bola bisa dilakukan dengan berbagai cara. Mulai dari menangkap bola yang bergulir di tanah, menangkap bola yang sedang melambung, dan juga menangkap bola lurus, yang berasal dari pemukul.

Hal ini bisa dilakukan dengan cara menangkap bola secara rutin dan berlatih sehingga kamu bisa memiliki insting ataupun penangkapan yang tepat dan tidak meleset. Biasanya jika di Amerika olahraga softball ini sudah dimainkan sejak kecil. Sehingga teknik dasar melempar dan menangkap bola sudah dilakukan bahkan di rumah teknik melempar bola ini sangat penting. Begitupun dengan teknik menangkap bola.

Baca Juga: 4 Teknik Dasar Olahraga Lompat Tinggi

Formasi Softball

pemain softball

First Basemen : first basemen merupakan pemain yang menjaga base satu, beberapa tugasnya:

  • Melawan tim musuh pada base 1
  • Memotong adanya home plate pemain di base 1
  • Berusaha menjaga dan menangkap bola ke arah base 1
  • Melempar bola ke area base 2, dan berusaha melakukan cegatan pada base 2

Second basemen : second basemen merupakan pemain yang menjaga base dua.

  • Melawan tim musuh pada base 2
  • Memotong adanya home plate pemain di base 2
  • Berusaha menjaga dan menangkap bola ke arah base 2
  • Melempar bola ke area base 1 atau 2, dan berusaha melakukan cegatan sehingga lawan kalah

Shortop : tugas yang dilakukan antara peralihan base 2 dan base 3

  • Menjaga bola hasil pukulan di areanya
  • Memotong dan meneruskan bola yang berasal dari outfield
  • Melempar bola ke base 1 atau base 2
  • Menjaga base 2

Third Basemen : third basemen merupakan pemain yang menjaga base tiga

  • Menjaga seluruh base 3
  • Berusaha memotong dan meneruskan lemparan bola dari outfield
  • Melempar bola kembali ke base 1 dan membuat lawan mati terpaksa

Pitcher : pitcher merupakan pelambung bola

  • Mengawasi dan membantu base jika bisa
  • Mendukung dan membantu pemain di belakang home plate

Catcher : Catcher merupakan penjaga yang ada di belakang regu pemukul dan menangkap lemparan dari pitcher.

  • Menjaga area home plate
  • Berusaha melemparkan bola ke base 1,2 dan 3

Posisi Penjagaan Lapangan Luar (Outfield)

  • Left fielder bertugas untuk menjaga area garis batas base ketiga dan base 2
  • Centre fielder bertugas untuk menjaga garis batas tengah outfield dan bagian tengah
  • Right fielder bertugas untuk menjaga base kedua dan base pertama

Demikian penjelasan lengkap tentang Teknik Dasar Softball yang wajib anda ketahui jika ingin bermain permainan ini. Semoga bemanfaat..

About the author: Fian Lux

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *