Teknik Lari Jarak Menengah

Teknik lari jarak menengah, ini jarang diketahui oleh masyarakat. Umumnya, informasi yang diberitakan hanya seputar perebutan peringkat dalam perlombaan lari jarak jauh atau jarak pendek saja. Selain atlet, kalian pun dapat menerapkan olahraga lari jarak menengah untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit sepanjang hari.

Sekilas Info Mengenai Lari Jarak Menengah!

Bagi kalian yang bingung melakukan jenis olahraga sederhana tanpa perlu perlengkapan khusus, maka lakukan saja olahraga lari. Olahraga ini juga sangat cocok bagi seseorang yang ingin sejenak melupakan kepenatan yang terjadi dalam aktivitas sehari-harinya. Selain mudah dan murah, pengaplikasian olahraga lari dapat dilakukan setiap hari di kala waktu senggang.

Lari jarak menengah, memiliki panjang lintasan yang cukup, yakni kisaran 800 sampai dengan 3000 meter. Jarak ini, dapat dikatakan juga termasuk ke dalam kategori yang tidak begitu pendek maupun tidak begitu panjang. Sehingga, seringkali dijadikan sebagai bentuk perlombaan pada tingkatan daerah, nasional hingga internasional.

Peraturan dan Cara Melakukan Olahraga Lari Jarak Menengah

Teknik Lari Jarak Menengah

Setiap permainan dalam cabang olahraga, memiliki teknik-teknik tertentu. Termasuk olahraga lari jarak menengah. Walaupun menyimpan kesan tidak sulit untuk dilakukan oleh seorang amatir. Namun, kalian tetap perlu memperhatikan peraturan yang telah berlaku di dalamnya. Penasaran dengan isi peraturannya? Berikut adalah penjelasannya!

  1. Baik pelari maupun seorang atlet, diharuskan menyiapkan posisinya ketika mendengar aba-aba yang telah disebutkan.
  2. Apabila ada salah satu atlet yang mencoba mendahului gerakannya sebelum adanya instruksi dalam bentuk aba-aba, atlet tersebut akan mendapatkan teguran dalam bentuk sanksi sebanyak tiga kali. Jika melebihi dari batasan yang telah diberikan, maka secara otomatis dirinya akan dikeluarkan dari permainan.
  3. Atlet pelari melakukan lari dalam lintasan yang telah ditetapkan saat awal permainan berlangsung. Akan tetapi, setelah melalui breakline, pelari tersebut dapat dengan leluasa memilih lintasan yang diinginkannya.
  4. Apabila ditemukan seorang atlet dengan sengaja melakukan gerakan yang dapat melukai pemain lain ataupun menghambat laju pergerakan atlet lainnya, otomatis orang tersebut akan dikeluarkan dari lapangan.
  5. Pemilihan lintasan saat awal pertandingan, dipilih dengan cara mengocok sebuah undian. Jika lolos ke dalam tahap berikutnya, maka kalian mendapatkan nomor lintasan dari peringkat yang didapatkan. Contohnya, nomor 3, 4, 5, dan 6 di arena lintasan, diberikan kepada orang yang telah berhasil menduduki peringkat teratas dari hasil seleksi sebelumnya.
  6. Seragam pertandingan lari, telah diatur oleh pihak penyelenggara. Pakaian dipilih, berdasarkan dari standar yang telah ditetapkan, diantaranya tidak menerawang, tidak terasa berat, elastis dan tidak menghalangi sorot mata para juri.
  7. Alas kaki atau sepatu yang dipakai, disesuaikan dengan standar yang berlaku.

Setelah mengetahui peraturan-peraturan yang ada, selanjutnya akan dibahas terkait teknik dalam memainkan permainan olahraga lari jarak menengah. Saat memasuki bagian awalan atau posisi start, pelari dihadapkan dengan berbagai pilihan posisi start.

Ada yang mengawalinya dengan start berdiri, melayang, dan jongkok. Setiap tipe start ini, akan dipergunakan tergantung dari cabang olahraga lari yang sedang digelar.

Mula-mula, atlet harus membuka kakinya sejajar dengan bahu. Kemudian, kaki sebelah kiri diposisikan ke belakang seukuran tiga telapak kaki pelari. Usahakan jarak tersebut tidak membuat badan kehilangan keseimbangannya. Lalu, kaki yang lainnya digeser ke belakang, diposisikan seperti sedang menjinjit.

Selanjutnya, lutut kaki kanan yang mengarah ke depan sedikit ditekuk. Setelah posisi badan menjadi lebih rendah dari sebelumnya, badan sedikit dicondongkan sejajar dengan kaki yang mengarah ke depan. Bagian dada, dibuka selebar mungkin agar memudahkan kalian saat bernafas, mengurangi rasa tegang, serta memusatkan pikiran agar tetap fokus.

Cara terakhir, yaitu buat diri kalian tetap tenang dengan melakukan sedikit kepalan pada tangan. Sambil berusaha untuk tetap terfokus pada aba-aba yang akan diberikan, usahakan mata kalian memandang lurus ke depan arah lintasan.

Ketika berlari, pelari arus memposisikan lututnya mengayun lebih tinggi tapi tidak melewati batas pinggul. Saat membuat pendaratan, tumpuan dipusatkan pada bagian tumit dan hentakan dilakukan oleh jari-jari kaki atau bagian tumit depan kaki.

Selama proses berlari, kalian dianjurkan untuk tidak menggunakan kekuatan sepenuh hati. Karena resiko mengalami kelelahan di awal lintasan sangat besar. Oleh karena itu, jaga kecepatan yang telah ada dengan tetap tenang sambil fokus pada sistem pernafasan. Setelah pelari mulai melihat garis finish, barulah tenaga yang dikeluarkan boleh dipergunakan semaksimal mungkin.

Baca Juga: Teknik Dasar Olahraga Lompat Tinggi

Teknik yang dapat kalian terapkan saat berada pada tikungan lintasan, diantaranya sebagai berikut:

  • Memilih arena lintasan yang berada pada bagian kiri
  • Badan sedikit dimiringkan ke arah kiri
  • Posisi kepala juga sama seperti badan
  • Bagian sudut pada lengan kanan, sedikit lebih lebar daripada lengan bagian kiri

Adapun teknik lainnya yang bisa kalian contoh saat mulai mendekati garis akhir perlombaan lari jarak menengah. Poin-poinnya ada di bawah ini:

  • Dada dicondongkan mengarah ke depan dengan kepala sedikit ditundukkan ke bawah
  • Posisi tangan yang sedang berayun ketika lari, sebaiknya melebihi batas pinggul, agar dalam waktu bersamaan baik keseimbangan maupun kecepatan semakin bertambah.
  • Jangan menoleh ke arah kanan dan kiri
  • Saat mencapai garis akhir, dada sedikit diputar ke arah kanan atau kiri, supaya bahu dapat lebih mencapai garis akhir terlebih dahulu atau mengenai pita.

Itulah beberapa teknik lari jarak menengah yang dapat kalian pelajari sebelum mengikuti sebuah perlombaan atau mengaplikasikannya untuk kesehatan diri. Semoga bermanfaat.

About the author: Fian Lux

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *